Sabtu, 08 Maret 2014

NASA Temukan 715 Planet Baru



Kabar24.com, JAKARTA — Badan antariksa Amerika Serikat, NASA menyatakan setidaknya ada 715 planet baru di luar angkasa ditemukan. Ratusan planet yang terekam oleh pesawat luar angkasa NASA, Kepler, diketahui mengorbit di luar Sistem Tatasurya. Karena itulah, keberadaannya baru diketahui saat ini.
Hampir 95% dari planet baru yang ditemukan itu ukurannya lebih kecil daripada Neptunus, yang memiliki ukuran hampir empat kali Bumi . Sedangkan empat dari planet baru tersebut memiliki ukuran kurang dari 2,5 kali ukuran Bumi dan mengorbit di zona yang bisa ditinggali.
Ilmuwan Planet di Pusat Penelitian Ames NASA Jack Lissauer mengatakan dengan adanya temuan baru itu, maka jumlah planet yang ada di luar Sistem Tatasurya mencapai hampir 1.700 planet. "Baru hari ini, kami mengumumkan jumlah planet itu, dimana jumlahnya hampir lebih dari 50% dari jumlah yang dikenal manusia selama ini ,” ujar Lissauer .
Selama ini, diketahui baru ada 305 planet yang ditemukan mengorbit di sistem tata surya . Artinya ratusan atau bahkan ribuan lainnya banyak yang berada di luar sistem tata surya kita.
John Grunsfeld, Asisten Administratur bagi Direktorat Misi Ilmiah NASA mengatakan mereka terkejut dengan banyaknya temuan dari Tim Kepler tersebut.
Menurutnya, untuk memastikan keberadaan planet itu bukanlah hal yang mudah. Perlu proses laboratorium satu persatu dilakukan. Namun, tim Kepler dan NASA memiliki teknik statistik yang kuat yang dapat diterapkan bagi banyak planet secara bersamaan, untuk memastikan keberadaan planet tersebut.
Adapun penelitian terhadap keberadaan ratusan planet itu, sudah dilakukan Tim Kepler sejak Mei 2009 hingga Maret 2011 lalu atau kurang lebih selama dua tahun penelitian. (Antara).

LinkWithin