Sabtu, 08 Maret 2014

MISI NASA Bakal Meluncur Ke Yupiter



Kabar24.com, JAKARTA —Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat  (NASA) akan meluncurkan misi Europa Clipper berupa perjalanan ke bulan dengan mengitari Jupiter , Europa , pada 2025 mendatang .
Untuk merealisasikan misi tersebut,  Gedung  Putih telah mengajukan anggaran senilai  US$15 juta. Dana itu, akan menjadi sumber dana tahap awal pra-formulasi misi Europa .
Alasan pemilihan misi Europa itu karena Europa dideskripsikan sebagai temuan luar angkasa yang diperkirakan mengandung samudra dengan air cair dan berpotensi mendukung kehidupan. Selain di Yupiter, NASA juga memperkirakan ada temuan air di Mars PLANET MARSNASA Berhasil Temukan Bukti Air | Edukasi .
"Europa merupakan misi sangat menantang, beroperasi pada lingkungan dengan radiasi sangat tinggi. Banyak hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan misi itu," kata Direktur Keuangan NASA, Beth Robinson.
Pernyataan Robinson dan pejabat NASA lainnya memang menunjukkan kemungkinan positif menangani misi Europa .  Apalagi, peneliti NASA telah mengembangkan ide Europa Clipper selama bertahun-tahun .
Rinciannya, satelit akan mengelilingi Jupiter namun meluncurkan puluhan penerbangan untuk pengamatan dari Europa, dengan menggunakan berbagai instrumen ilmu pengetahuan untuk mempelajari cangkang es Europa dan keadaaan di bawah permukaan laut .
Pemerintah memperkirakan butuh US$2 miliar untuk menjalankan misi Europe Clipper. Namun, anggaran itu dinilai tinggi di masa-masa sulit fiskal, sehingga akhirnya sebagian pejabat mengkaji ulang untuk merealisasikan konsep itu.
Mengenai kemungkinan realisasi konsep itu, Jim Green, Kepala Divisi Ilmu Planet di NASA mengatakan Europa Clipper adalah yang kita sebut kapal pemimpin, namun sekarang keadaan anggaran membuat kita menunda misi sampai akhir dekade.
sumber : kabar24.com

LinkWithin